Selasa, 09 Mei 2023

PROMOSI PRODUK

PROMOSI PRODUK

Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. Selain itu, tujuan promosi adalah untuk meningkatan kesadaran pelanggan terhadap suatu produk atau merek, sehingga menciptakan loyalitas merek.

Tujuan Promosi 

Tujuan promosi di antaranya adalah:

  1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan (profit/laba)
  3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

   Cara Promosi 

Beberapa cara untuk melakukan promosi adalah:

  1. Melalui E-mail;
  2. Melalui SMS;
  3. Melalui pembicaraan;
  4. Melalui Iklan;
  5. Melalui Media sosial;
  6. dan sebagainya

Macam dan Jenis Promosi

1. Traditional Marketing

Traditional marketing merupakan salah satu macam promosi yang sudah lama ada akan tetapi masih eksis dan masih digunakan oleh banyak orang hingga saat ini. Cara promosi pada jenis traditional marketing ini adalah menggunakan media cetak, misalnya koran, brosur, papan reklame, dan lain sebagainya.

2. Digital Marketing

Jenis promosi yang kedua adalah digital marketing. Seperti yang kita sadari, saat ini kita memasuki era digital, dimana hampir semua orang menggunakan media sosial dan kecanggihan digital lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, saat ini marak promosi bisnis melalui digital marketing.

3. Direct Marketing

Direct marketing atau promosi secara langsung ini juga tidak kalah menjanjikan. Keuntungannya adalah Anda dapat mempromosikan bisnis Anda menggunakan sales representative yang bisa berbicara langsung kepada calon konsumen. Kegiatan ini dirasa lebih efektif karena terjadinya interaksi langsung antara pembeli dan juga sales.

4. Endorsement

Jenis promosi endorsement ini hampir mirip dengan digital marketing, yang mana endorsement juga memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis. Bedanya, endorsement ini memanfaatkan artis atau influencer yang aktif di media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki.

5. Personal Selling

Jenis promosi yang selanjutnya adalah personal selling. Hampir sama dengan direct marketing yang mana bertemu dan juga memberi informasi secara langsung kepada calon pembeli. Bedanya, personal selling ini dilakukan langsung oleh pemilik barang atau jasa atau dilakukan sendiri oleh pengusahanya.

6. Publicity

Terakhir adalah jenis promosi yaitu publicity. Jenis promosi ini artinya usaha pendekatan kepada masyarakat supaya masyarakat lebih mengenal produk dan jasa yang ditawarkan.

https://smk-4-klt-bdp.blogspot.com/

nesameilani06.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar